Metapers.com - Kembali lagi bersama sobat zona murid dan guru, kali ini mimin akan membagikan contoh RPP K13 Bahasa Arab MI Kelas IV V dan VI Terbaru. Silakan disimak dan semoga bermanfaat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) K13
Nama Sekolah : MI
Nurul Huda
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : IV/I
Materi Pokok : Alat – alat Sekolah
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I.
KOMPETENSI INTI (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
II.
KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
2.1 Melakukan dialog sederhana tentang المهنة، الأدوات
المدرسية، التعارف
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam
kalimat sederhana tentang المهنة، الأدوات
المدرسية، التعارف
Indikator :
2.1.1 Mampu
membaca teks bacaan dengan benar
2.1.2 Mampu
menghafal beberapa kosa kata baru
2.2.1 Mampu
membuat kalimat berbahasa Arab dengan kosa kata yang baru dipelajari
2.2.2 Mampu
memecahkan soal masalah yang diberikan
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah menerima materi pembelajaran diharapkan
siswa dapat :
1. Mampu membaca teks bacaan
dengan benar
2. Mampu menghafal beberapa
kosa kata baru
3. Mampu membuat kalimat berbahasa
Arab dengan kosa kata yang baru dipelajar
4.
Mampu memecahkan soal masalah yang diberikan
IV.
Materi
Pembelajaran
“Alat-alat Sekolah”
V. Metode Pembelajaran
1. Reading Aloud
2. Inkuiri Mind
VI. Media, Alat dan
Sumber Pembelajaran
1. Buku paket
2. Spidol
3. Benda-benda yang ada di kelas
VII.
Langkah-langkah Pembelajaran
NO |
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN |
METODE |
WAKTU |
Sumber/ Media belajar |
1. |
PENDAHULUAN |
|
2 menit |
|
|
1.
Menyampaikan salam pembuka 2.
Absensi kelas 3.
Apersepsi : -
Coba sebutkan terdapat benda apa saja yang ada disekitar kalian
dalam kelas ini? 4. Menyampaikan tujuan pembelajaran |
Ceramah Ceramah |
|
|
II. |
KEGIATAN
INTI |
|
7 menit |
|
|
Mengamati 1.
Guru meminta siswa membuka bukunya pada
halaman materi yang akan di pelajari 2.
Kemudian Guru membagi siswa ke dalam 2
kelompok, tiap kelompok terdiri dari 6 orang -
Kelompok pertama membaca paragraph awal
dengan suara keras dan bersama-sama, -
Kemudian dilanjutkan membaca paragraph
selanjutnya oleh kelompok kedua Menanya 3.
Setelah membaca, siswa2 diminta mencari kosa
kata baru yang belum dimengerti artinya, dan menulisnya di buku catatan
masing2 Eksplorasi 4.
Kemudian siswa mencari sendiri jawabannya
dengan dibantu oleh guru ISTIRAHAT Asosiasi 5.
Setelah itu, siswa diminta menghafalkan
beberapa kosa kata tersebut, dan menutup bukunya 6.
Guru memberi tebakan pada tiap anak secara
bergantian Komunikasi 7.
Kemudian, guru memberikan permainan Poster
Comment kepada tiap2 siswa, untuk memberi tes lisan 8.
Setelah selesai, guru memberi tes soal
tertulis dan langsung dikumpulkan |
Reading Inkuiri mind |
10
menit 25
menit 15
menit |
Buku
paket Gambar
Lembar
soal |
III. |
PENUTUP |
|
1 menit |
|
|
1.
Guru meminta siswa/ salah seorang siswa untuk mengulang apa yang sudah dipelajari hari
ini dari materi yang telah diajarkan 2.
Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk membaca dan
mempelajari lagi materi yang didapat agar bisa lebih hapal dan mengerti 3. Salam |
Ceramah |
|
|
Menyetujui, Guru
Pamong ANDRIASYAH, S.Pd |
Pekanbaru, 19 Oktober 2017 Praktikan
(Mahasiswa) ROFIQ ALAMSYAH NIM. 116125168 |