Contoh RPP Bahasa Arab MI Kelas 1-6 K13 Terbaru



Metapers.com - Kembali lagi bersama sobat zona murid dan guru, kali ini mimin akan membagikan contoh RPP K13 Bahasa Arab MI Kelas IV V dan VI Terbaru. Silakan disimak dan semoga bermanfaat.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) K13

 

Nama Sekolah                    :    MI Nurul Huda

Mata Pelajaran                   :    BAHASA ARAB

Kelas/Semester                   :    IV/I

Materi Pokok                      :    Alat – alat Sekolah

Alokasi Waktu                    :    2 x 35 menit

 

 I.            KOMPETENSI INTI (KI)

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

 II.         KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR           

2.1 Melakukan dialog sederhana tentang المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف

2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف

Indikator :

2.1.1 Mampu membaca teks bacaan dengan benar

2.1.2 Mampu menghafal beberapa kosa kata baru

2.2.1 Mampu membuat kalimat berbahasa Arab dengan kosa kata yang baru dipelajari

2.2.2 Mampu memecahkan soal masalah yang diberikan

                                                                                       

 III.   Tujuan Pembelajaran

Setelah menerima materi pembelajaran diharapkan siswa dapat :

1.      Mampu membaca teks bacaan dengan benar

2.      Mampu menghafal beberapa kosa kata baru

3.      Mampu membuat kalimat berbahasa Arab dengan kosa kata yang baru dipelajar

4.      Mampu memecahkan soal masalah yang diberikan

 

 IV.   Materi Pembelajaran

“Alat-alat Sekolah”

    V.   Metode Pembelajaran

1.    Reading Aloud

2.                Inkuiri Mind

 

 VI.   Media, Alat dan Sumber Pembelajaran

1.      Buku paket

2.      Spidol

3.      Benda-benda yang ada di kelas

 

VII.      Langkah-langkah Pembelajaran

NO

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

METODE

WAKTU

Sumber/ Media belajar

1.

PENDAHULUAN

 

2 menit

 

 

1.      Menyampaikan salam pembuka

2.      Absensi kelas

3.      Apersepsi :

-          Coba sebutkan terdapat benda apa saja yang ada disekitar kalian dalam kelas ini?

4.       Menyampaikan tujuan pembelajaran

Ceramah

 

Ceramah

 

II.

KEGIATAN INTI

 

7 menit

 

 

Mengamati

1.      Guru meminta siswa membuka bukunya pada halaman materi yang akan di pelajari

2.      Kemudian Guru membagi siswa ke dalam 2 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 6 orang

-          Kelompok pertama membaca paragraph awal dengan suara keras dan bersama-sama,

-          Kemudian dilanjutkan membaca paragraph selanjutnya oleh kelompok kedua

Menanya

3.      Setelah membaca, siswa2 diminta mencari kosa kata baru yang belum dimengerti artinya, dan menulisnya di buku catatan masing2

Eksplorasi

4.      Kemudian siswa mencari sendiri jawabannya dengan dibantu oleh guru

ISTIRAHAT

Asosiasi

5.      Setelah itu, siswa diminta menghafalkan beberapa kosa kata tersebut, dan menutup bukunya

6.      Guru memberi tebakan pada tiap anak secara bergantian

Komunikasi

7.      Kemudian, guru memberikan permainan Poster Comment kepada tiap2 siswa, untuk memberi tes lisan

8.      Setelah selesai, guru memberi tes soal tertulis dan langsung dikumpulkan

 

 

Reading

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Inkuiri mind

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10 menit

 

 

 

 

 

 

 

25 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

 

 

 

 

 

 

Buku paket

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar

 

Lembar soal

III.

PENUTUP

 

1 menit

 

 

1.      Guru meminta siswa/ salah seorang siswa untuk  mengulang apa yang sudah dipelajari hari ini dari materi yang telah diajarkan

2.      Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk membaca dan mempelajari lagi materi yang didapat agar bisa lebih hapal dan mengerti

3.      Salam

Ceramah

 

 

 

 

 

Menyetujui,

Guru Pamong

 

 

 

 

ANDRIASYAH, S.Pd

Pekanbaru, 19 Oktober 2017

Praktikan (Mahasiswa)

 

 

 

 

ROFIQ ALAMSYAH

NIM. 116125168

 

 

 


Previous Post Next Post

Terkini